About Us

About Us

cropped-kwkc.png

Perkumpulan Komunitas Warga Kalibata City atau disingkat KWKC dibentuk dari kesadaran berorganisasi dari warga para pemilik dan penghuni Kalibata City sebagai wadah perjuangan warga untuk pembangunan serta tatakelola yang mengedepankan hak warga Kalibata City khususnya dan lingkungan sekitar pada umumnya.

Perkumpulan KWKC ini dibentuk berawal dari persamaan nasib dan tujuan demi kemajuan Kalibata City dan lingkungan sekitar yang bersifat kekeluargaan, kebersamaan, mengembangkan potensi masing-masing anggota dalam naungan komunitas ini, tidak mencari keuntungan finansial pribadi.

Perjuangan warga untuk mendapatkan hak-hak sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang di mulai sejak dilakukannya serah terima sarusun pada tahun 2010. Saat itu warga Kalibata Residence yang merupakan rusunami membentuk perkumpulan Jaringan Kalibata Residence yang disingkat dengan nama Jaring Kaliresi. Jaring Kaliresi sejak awal berjuang untuk membentuk perhimpunan penghuni dan RT/RW di rusun Kalibata Residence. Berbagai upaya dialog dengan pelaku pembangunan PT Pradani Sukses Abadi dan Badan Pengelola Sementara PT Prima Buana Internusa tidak membuahkan hasil.

Sejalan dengan bertambahnya rusun Kalibata Regency dan Green Palace Apartemen sehingga sebagai satu kesatuan disebut Kalibata City, maka Jaringan Kalibata Residence akhirnya berubah menjadi Komunitas Warga Kalibata City. Keanggotaannya meliputi warga pemilik dan penghuni di lingkungan Kalibata City.

Perkumpulan KWKC mempunyai tujuan menghimpun potensi yang ada secara bersama-sama pada seluruh anggota dan potensi yang ada tersebut diupayakan untuk kesejahteraan anggota perkumpulan. Mempererat tali siraturahmi antar warga para pemilik dan penghuni sebagai bagian dari komunitas masyarakat yang berkarya, memberdayakan potensi semua anggota untuk memenuhi hak-hak warga secara khusus di Kalibata City dan masyarakat sekitar lingkungan Kalibata City.

Untuk mencapai tujuan perkumpulan, Perkumpulan KWKC menyelenggarakan berbagai usaha-usaha yang terkait dengan sosial kemasyarakatan di sekitar lingkungan Kalibata City dengan tema dan kegiatan tertentu serta dilakukan sekurang kurangnya setahun sekali. Kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan diantaranya kegiatan Posyandu yang di gerakkan oleh ibu-ibu warga Kalibata City.

Komunitas ini akan lebih menggiatkan anggotanya untuk dapat bersosialisasi, mengadakan aktifitas/kegiatan yang bertujuan menggali potensi komunitas para anggota untuk kemajuan Kalibata City dan lingkungan sekitar.

Usaha-usaha yang dilakukan KWKC diantaranya:

  • Pemberdayaan masyarakat di sekitar Lingkungan Kalibata City;
  • Memberikan penyuluhan, sosialisasi, edukasi, riset dan pelatihan pada masyarakat sosial- di lingkungan Kalibata city dan sekitar Lingkungan Kalibata City;
  • Bekerjasama dengan instansi pemerintah terkait sebagai upaya pemberdayaan masyarakat setempat.

Meskipun sementara ini kegiatan-kegiatan tersebut masih belum dapat dilakukan secara terbuka di lingkungan Kalibata City, KWKC tetap melaksanakannya di sekitar Kalibata City atau melalui media digital. Keberadaan web ini juga merupakan upaya KWKC untuk tetap dapat melaksanakan usaha-usaha tersebut.